9 Tujuan Wisata Terbaik di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi bagian timur pulau borneo. Provinsi yang memiliki 3 klub bola di Liga 1 yakni Mitra Kukar, Pusamania Borneo FC dan Persiba Balikpapan. Juga memiliki tujuan wisata yang ga kalah keren loo dengan obyek wisata di daerah lain.

Berikut beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi jika jalan-jalan di Kalimantan Timur.

1. Pulau Derawan - Berau

 
Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Salah satu tempat diving terbaik di dunia. Dengan laut yang jernih dan berbagai keindahan dalam lautnya. Membuat obyek wisata yang satu ini menjadi sangat di kenal di dunia. Dengan laut yang masih alami, terumbu karang terbaik di dunia, beranek ragam biota laut dengan berbagai keindahannya. Sangat sayang jika dilewatkan.

2.Bukit Bengkirai - Samboja
 
Kalimantan terkenal dengan hutan yang sangat luas dengan ekosistem berbagai jenis kayu. Dan salah satu hutan yang dijadikan taman adalah taman hutan bengkirai. Sesuai namanya taman ini kebanyakan di isi oleh kayu-kayu bengkirai dengan ukuran raksasa. Kamu bisa menikmati hutan dari atas kayu karena dibangun berbagai kanopi breadge yang membuatmu bisa berjalan dari satu kayu ke kayu lainnya, sambil menikmati view hutan yang sangat indah.

3.Pulau Kumala – Kutai Kartanegara
 
Pulau ini terbentuk karena sedimentasi lumpur dalam waktu lama. Pulau ini terletak di tengah-tengah sungai mahakam yang melintasi kota tenggarong. Pulau Kumala ini di isi dengan berbagai kesenian ukir dan arena bermain. Pulau ini juga dihubungkan oleh jembatan yang sangat indah bernama jembatan repo-repo. Pulau ini menjadi tempat liburan favorit warga untuk mengisi liburan mereka.

4.Pantai Lamaru

Buat kamu pecinta laut dan deburan ombak pantai maka Pantai kebanggaan warga balikpapan ini memiliki keindahan tersendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu liburmu dengan menikmati pantai terbaik di kalimantan timur ini. Ada berbagai wahana air yang bisa kamu nikmati.


5.Musium Mulawarman – Kutai Kartanegara
 Museum Mulawarman adalah istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara dibangun pada tahun 1963 sebagai pengganti Istana sebelumnya yang terbakar dan diresmikan pada tanggal 25 November 1971. Musium ini berisi berbagai hal tentang sejarah kerajaan kutai. Kerajaan tertua di indonesia ini bisa anda telusuri jejaknya di musium ini. Musium ini berlokasi di Tenggarong ibukota kabupaten Kutai Kartanegara.
Berbagai acara adat dan budaya biasa dilaksanakan di musium ini.

6.Taman Anggrek Kersik Luway – Kutai Barat


Mungkin seumur hidup anda belum menemukan berbagai jenis anggrek-anggrek langka ? Maka tak ada ruginya anda mengunjungi Taman Anggrek yang berada di Sendawar Kabupaten Kutai Barat ini. Di sini dibudidayakan berbagai jenis anggrek-anggrek langka yang ada hanya di bumi Kalimantan.

7.Musium Kayu Tuah Himba - Kutai Kartanegara.


Sesuai namanya Musium ini terbuat dari kayu khas Kalimantan yakni kayu ulin. Dan memajang berbagai hal tentang kekayaan hutan di bumi borneo. Di musium ini terdapat berbagai benda unik, salah satu yang terbaik adalah Buaya raksasa yang telah memangsa manusia. Kini diawetkan kemudian menjadi tontonan populer di musium tersebut.
 

8.Wisata Mahakam 
 
Sungai Mahakam adalah sungai yang mengengelilingi kalimantan timur. Sangat panjang tentunya, urat nadi kehidupan berbagai masyarakat bisa anda lihat sepanjang sungai mahakam ini. Anda bisa melihat kehidupan suku kutai dan suku dayak yang merupakan suku asli kalimantan timur. Untuk menikmati sungai mahakam anda bisa naik kapal motor yang memang disediakan untuk para turis. Harganyapun sangat murah. Namun jika anda ingin melakukan perjalanan ke Kutai Barat lewat jalur sungai anda pasti naik kapal motor ini dan anda akan sangat bisa menikmati sungai mahakam sepuasnya. Perjalanan biasa dimulai dari Kota Samarinda.

9.Erau International Folklore  ( Event Tahunan Kutai Kartanegara )
 
Even tahunan ini merupakan event tahunan terbaik di kaltim. Diadakan setiap bulan agustus, acara ini selalu menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Erau adalah acara kerajaan kutai yang mengangkat berbagai kegiatan kesenian dan budaya. Biasa acara inipun diramaikan oleh negara-negara undangan untuk ikut meramaikan festival tahunan ini. Erau biasa ditutup dengan acara membuang naga dan belimbur. Acara ini merupakan acara khas erau yang sangat sayang dilewatkan.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.