BELAJAR MENGETIK 10 JARI TANPA MELIHAT KEYBOARD

Buat kamu yang selalu berhubungan dengan kegiatan tulis menulis, maka kemampuan mengetik dengan kecepatan dan keakuratan tentunya sangat dibutuhkan. Dan salah satu teknik terbaik untuk memiliki kemampuan mengetik adalah dengan menggunakan system 10 jari. Yakni memungsikan semua jari tangan untuk mengetik.


Berikut gambar penempatan jari sesuai dengan wilayahnya. Untuk pertama tempatkan jari telunjukmu di huruf F dan J. Biasanya disetiap keyboard ada garis timbul yang bisa kita raba dengan mudah tanpa harus melihat keyboard. Tentunya untuk tahap awal kamu bisa melihat, namun lama-lama seiring waktu dan latihan maka kamu akan terbiasa tanpa melihat keyboard.

Ingat posisi awal telunjuk sangat menentukan dalam ketepatan menaruh jari lain. Ada beberapa aplikasi untuk latihan mengetik dengan tepat dan cepat system 10 jari dan buta. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

10
Fast Finger Typing
Di website
https://10fastfingers.com/typing-test/indonesian kamu bisa melatih jari kamu dengan mengikuti kata-kata yang tampil di layar. Di sini juga ada waktu mundur untuk mengukur kecepatan, akurasi dan parameter lainnya. Tidak usah dikhawatirkan santai saja semampumu. Seiring waktu maka kemampuanmu akan semakin meningkat. Dan kamu bisa ikut kompetisi mengetik yang diikuti peserta dari seluruh dunia di aplikasi ini.

Chating Online
Salah satu cara terbaik melatih kemampuan mengetik adalah dengan rajin melakukan chating dengan teman via facebook messenger atau aplikasi diskusi lain. Karena kamu akan sangat menikmati latihan sambil ngobrol. Asyik bukan ? Karena kamu merasa tanpa dipaksakan untuk latihan karena Cuma berasa sedang ngobrol biasa saja. Dan setelah beberapa waktu kamu akan kaget dengan kemampuan mengetikmu yang sangat cepat dan tanpa melihat keyboard lagi. 

Mengetik Bebas
Luangkan waktu sejenak dengan membuka m.word mu kemudian ketikkan kata-kata yang kamu suka sebebas-bebasnya. Jangan takut salah, ketikkan saja kata acak dengan menggunakan sepuluh jari. Pada awalnya kamu akan mengetik dengan huruf yang salah atau tertukar. Santai saja teruslah mengulang kata-kata tertentu sampai kamu menemukan kenyamanan menggunakan jarimu.

Kemampuan mengetik cepat akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu. Karena kamu akan menghemat banyak waktu ketika menulis. Kamu juga akan bisa mengimbangi kecepatan ide yang keluar dari pikiranmu tanpa harus terkendala tulisan yang lambat dan belum selesai. Sehingga menghambat datangnya ide lain.

Untuk menghasilkan kemampuan ini tentunya harus sering-sering latihan. Karena apapun skill yang ingin kamu kuasai tidak bisa muncul dalam semalam. Namun dengan trik di atas latihan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan dan terasa kaku. Karena kamu melakukannya sambil bermain-main layaknya main game. Selamat mencoba semoga berhasil. 

Note : ada banyak aplikasi online yang bisa kamu gunakan. Coba saja googling dengan keyword : 10 finger typing, typingtest, typing online, sepuluh jari. Ataupun kamu bisa mendowload beberapa aplikasi yang bisa jalan tanpa harus online.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.