Mengintip Keindahan Pulau Kumala Kutai Kartanegara

Jalan-jalan ke Kalimantan Timur takkan lengkap rasanya jika kamu belum mengintip keindahan Pulau Parai Kumala yang terletak di Kota Tenggarong Kutai Kartanegara. Salah satu obyek wisata terbaik di Kota Raja ini selalu menjadi tujuan liburan favorit di kota ini.

Image Source : Dimas . P

Pulau Parai Kumala adalah sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah Sungai Mahakam. Untuk mencapai pulau ini telah dibuat sebuah jembatan indah khusus pejalan kaki. Kamu bisa merasakan sensasi menyenangkan ketika berjalan kaki di jembatan yang diberi nama Jembatan Repo-repo ini. Kamu bisa menikmati view di atas sungai mahakam, ataupun melihat view kota tenggarong dari arah sungai.




Buat kamu pecinta swafoto atau selfie Pulau kumala memiliki sangat banyak stand cantik untuk selfie. Beberapa ukiran Naga dan Patung Lembuswana yang merupakan ikonn atau Mahluk Mitos yang sangat dipercayai oleh penduduk setempat. Kutai Kartanegara adalah kerajaan tertua di Indonesia yang selalu identik dengan Naga. Setiap acara Erau, ada kegiatan membuang patung naga ke laut sebagai ritual tahunan.

Untuk mengelilingi pulau ini kamu bisa menyewa sepeda, sepeda motor listrik,  ataupun naik andong yang tersedia. Biayanya murah saja lo... Atau buat kamu yang sangat menyukai detil dan ingin berjalan kaki tempat ini sangat asyik untuk dinikmati dengan jalan kaki bersama teman-teman.

Di sini juga tersedia stand kuliner yang bisa kamu nikmati setelah nikmati jalan-jalan. Atau ingin berburu souvenir untuk oleh-oleh khas kalimantan. 
Berikut beberapa karya foto selfie pengunjung Pulau Parai Kumala. Ayo jangan mau kalah...










Pemandangan di Tepian Sungai Mahakam depan Kantor Bupati KuKar.



imagesource : IG pulaukumala

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.