Balap Ces Olah Raga Ekstrim Orang Kalimantan Timur

Sungai mahakam yang membentang sepanjang 920 KM, membuat masyarakatnya yang mayoritas hidup dan bekerja di pinggiran sungai sangat akrab dengan olah raga air. Salah satunya adalah Balap Ces / Ketinting.

Ces atau yang lebih dikenal dengan perahu motor biasa digunakan untuk sarana transportasi di sungai mahakam. Namun seiring waktu kendaraan ini juga digunakan sebagai alat orah raga ekstrim yang sangat digemari di beberapa kabupaten di Kalimantan Timur.

Kabupaten Kutai Kartanegara dikenal selalu rutin mengadakan pertandingan Balap Ces ini sebagai olahraga unggulan di setiap Festival Budaya Erau. Pesertanya dari beberapa kabupaten lain seperti Kutai Barat, Kutai Timur, beberapa daerah di pesisir pantai dan Kutai Kartanegara sendiri. Olah raga ini sangat digemari sehingga selalu dipenuhi penonton.

Mesin yang digunakan biasa disetting sedemikian rupa sehingga memiliki kecepatan tinggi. Demikian pula dengan perahu yang digunakan biasa dirancang aerodinamis, ringan namun tetap memiliki keseimbangan yang baik.

Kelas yang dipertandingkan biasa sesuai ukuran mesin yakni Kelas 6 PK, 9 PK atau Kelas bebas yakni gabungan antara 6 PK dan 9 PK. Meski bebas pemenang tidak selalu dari ukuran mesin yang lebih besar. Terkadang pemenang dari ukuran PK yang lebih kecil. Semua terganutng dari skill dan kemampuan dalam mengendalikan mesin ces ini.

Tontonan yang paling menarik adalah ketika kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi. Pembalap juga harus menghadapi ombak dan angin yang terkadang menjadi musuh lain yang harus ditaklukkan. Kemampuan dalam melakukan belokan ditikungan yang telah disiapkan juga sangat menentukan dalam olah raga ini.

Resiko perahu terbalik sudah menjadi hal yang biasa terlihat dalam olah raga ini. Dibutuhkan stamina dan ketahanan fisik yang cukup baik untuk bisa melakoni olah raga ini. Karena goncangan perahu yang menabrak riak-riak gelombang di sungai mahakam akan sangat terasa.
Berikut beberap foto balap ketinting / ces di Tenggarong Kutai Kartanegara.




Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.