Resep Membuat Donat Layaknya JCO

Semua orang mengakui bahwa Donat yang dibeli di JCO memiliki citra rasa dan kenikmatan sendiri. Donat yang empuk dengan berbagai pilihan varian rasa. Membuat JCO selalu membuat ketagihan untuk kembali.

Namun buat kamu yang ingin membuat sendiri donat Ala JCO. Berikut bahan bahan dan resep untuk membuat donat JCO yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba semoga memberikan kebahagian buat keluarga di rumah.


Bahan bahan Resep Donat JCO Empuk dan Enak

Bahan pertama :
  1. Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein tinggi kurang lebih sebanyak 22 gram saja. Sebaiknya memakai tepung komachi / tepung jepang, tetapi bisa diganti dengan tepung cakra supaya lebih ekonomis.
  2. Garam halus beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak sejumput saja (sekitar 1/8 sendok kecil).
  3. Ragi instant kualitas bagus kurang lebih sebanyak 7 gram saja.
  4. Air bersih untuk menguleni adonanannya kurang lebih sebanyak 150 ml saja.
Bahan Kedua :
  1. Tepung terigu jepang atau bisa juga menggunakan tepung terigu protein tinggi produk lokal kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  2. Telur ayam setengah butir saja lalu kocok lepas di luar.
  3. Susu bubuk full cream kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 15 gram saja.
  4. Gula pasir putih sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 30 gram saja.
  5. Mentega putih yang tidak berasa atau dikenal juga dengan sebutan shortening kurang lebih sebanyak 30 gram saja.

Cara Membuat Donat Empuk dan Lembut Seperti JCO

  1. Langkah pertama ayak dan saring tepung di bahan pertama dan bahan kedua sampai benar benar halus dan tidak ada kotoran yang menempel.
  2. Siapkan wadah dan masukkan bahan bahan donat di bahan pertama (tepung terigu, ragi, garam halus) lalu aduk aduk sampai rata.
  3. Masukkan air di bahan pertama dan aduk aduk menggunakan mixer sampai semua adonan tercampur rata lalu tutup wadah dan diamkan adonan sekitar 80-90 menitan supaya mengembang sempurna.
  4. Masukkan semua bahan kedua ke dalam wadah diatas, seperti tepung, susu, mentega putih, gula pasir dan telurnya lalu aduk aduk dan uleni adonan tersebut menggunakan tangan sampai kalis dan elastis.
  5. Tutup wadah adonan kembali dan diamkan supaya tercampur dan mengembang kurang lebih selama 1/4 jam saja.
  6. Ambil adonan secukupnya lalu bulatkan dan bentuk lingkaran dengan lubang ditengahnya. Lebih baik kalau menggunakan cetakan donat supaya lebih rapi.
  7. Ulangi sampai semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit saja.
  8. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak secukupnya sampai bagian bawah donat tidak menyentuh dasar penggorengan.
  9. Tunggu minyak sampai panas lalu masukkan adonant donat JCO nya. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.