Cara Mudah Menulis Artikel Untuk Pemula


Buat kamu yang sedang mengisi konten website atau sedang mendapat tugas untuk membuat artikel. Namun mengalami kesulitan dalam menulis karena tidak kunjung mendapat ide yang menarik. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa kamu gunakan.

1.Tulislah Jawaban atas Pertanyaan

Banyak hal yang membutuhkan jawaban. Misal cara membuat, bagaimana cara, langkah-langkah, how to. Kamu bisa melihat kejadian disekitarmu yang membutuhkan panduan dan tutorialnya. Buatlah artikelnya dan jadikan artikel itu solusi dan manfaat untuk orang lain.

2.Kurangi Otak Kritis

Sebenarnya kita semua memiliki banyak ide. Namun terkadang otak kita terlalu kritis dan selalu saja membantai benih-benih ide yang sedang muncul. entah karena kurang yakin akan bagus atau berhasil. Sehingga benih-benih ide itu malas untuk kembali muncul. Tampung segala ide yang terbersit kemudian eksekusi. Tak ada ide yang bener-bener buruk untuk dikaryakan selama kita mau.

3.Bawa Buku Catatan / Record

Biasa ide judul tulisan atau isinya biasa muncul ketika kita sedang santai, dalam perjalanan, di kamar mandi, atau di tempat yang jauh dari laptop. Jadi jangan malas untuk mencatat atau merekam benih-benih ide yang muncul. Simpan saja karena suatu saat mungkin dia akan menjadi ide yang bisa dieksekusi.

4.Banyak Membaca

Seorang penulis yang baik tentunya seorang pembaca yang rajin. Bagaimana kita bisa menulis dengan baik jika kita sangat malas menambah database pengetahuan kita. Karena kita cenderung menulis dengan apa yang kita ketahui. karena sumber referensi terbaik adalah dari bacaan.

5. Brainstorming

Kalau bahasa gaulnya adalah bertukar ide/pikiran. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan teman-temanmu. Karena bisa saja dari diskusi itu akan muncul ide-ide keren. Karena ketika beberapa otak berkumpul biasanya akan memberikan kejutan pemikiran yang bagus.

6.Judul Yang Membuat Penasaran

Buatlah judul yang membuat setiap calon pembaca merasa bersalah jika tidak membaca tulisanmu. Tapi ingat jangan hanya membuat heboh dengan judul saja tanpa isi yang relevan. Ingat puaskanlah pembaca buka mengecewakannya.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.